PENDIDIKAN
LINGKUNGAN HIDUP KELAS 7
|
Berilah tanda silang pada salah satu
huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling tepat !
1.
Yang tidak termasuk Sumber daya alam hayati adalah:
a.
|
Bakteri
|
c.
|
Sea Current
|
b.
|
Jamur
|
d.
|
Alga
|
2.
Berdasarkan sifatnya sumber Daya Alam dibedakan menjadi 3 kelompok, yiatu:
a.
|
Renewable, non renewable, unlimited
|
c.
|
Tumbuhan, Hewan, Microba
|
b.
|
Materi, Energi, ruang
|
d.
|
Biotik, Abiotik, Proyozoa
|
3.
Sumber Daya Alam Hewani dibagi sesuai kegunaannya, kecuali:
a.
|
Sumber pangan
|
c.
|
Sumber Obat-obatan
|
b.
|
Sumber Sandang
|
d.
|
Sumber daya alam
|
4.
Berdasakan potensinya, emas termasuk:
a.
|
Sumber Daya Alam energi
|
c.
|
Sumber Daya alam waktu
|
b.
|
Sumber Daya Alam ruang
|
d.
|
Sumber daya waktu
|
5.
Sumber Daya Alam yang berasal dari benda mati:
a.
|
Biotik
|
c.
|
Air
|
b.
|
Abiotik
|
d.
|
Udara
|
6.
Sumber Daya Alam yang tidak dapat dinikmati secara langsung:
a.
|
Udara
|
c.
|
Buah-buahan
|
b.
|
Air laut
|
d.
|
Minyak Bumi
|
7.
Prinsip-prinsip pemanfaatan sumber daya alam, kecuali:
a.
|
Pemanfaatan sumber daya alam dengan menggunakan teknologi tinggi
|
c.
|
Eksploitasi tanpa mengganggu keutuhan sumber daya lain
|
b.
|
Hemat untuk kebutuhan mendatang
|
d.
|
Efektifitas pemakaian tertinggi
|
8.
Pasal 33 UUD 1945 ayat (3) berbunyi:
a.
|
Lingkungan adalah segala sesuatu yang ada di sekitar kita
|
c.
|
Lingkungan adalah segala benda,
kondisi, dan Pengaruhnya
|
b.
|
Lingkungan hidup adalah semua benda dan Kondisi yang termasuk di dalamnya
|
d.
|
Bumi dan air dan kekayaan yang terkandung
Di dalamnya dikuasai oleh negara
|
9.
Yang merupakan Ciri-ciri mahluk hidup:
a.
|
Membutuhkan lingkungan
|
c.
|
Membutuhkan makanan
|
b.
|
Membutuhkan mahluk lain
|
d.
|
Membutuhkan teman
|
10.
Yang termasuk unsur-unsur lingkungan hidup adalah:
a.
|
Unsur biologi
|
c.
|
Unsur fisik
|
b.
|
Unsur fisika
|
d.
|
Unsur energi
|
11.
Contoh saling ketergantungan mahluk hidup kecuali:
a.
|
Semua mahluk hidup bergantung pada udara
|
c.
|
Semua mahluk hidup bergantung pada tumbuhan
|
b.
|
Semua mahluk hidup bernafas
|
d.
|
Semua mahluk hidup memerlukan benda mati
|
12.
Tumbuhan merupakan bahan baku obat:
a.
|
Kina
|
c.
|
sanseviera
|
b.
|
Madu
|
d.
|
Gelobang Cinta
|
13.
Reduce adalah:
a.
|
Mengurangi limbah yang tidak perlu
|
c.
|
Mengolah sampah atau limbah
|
b.
|
Memakai kembali barang yang masih layak pakai
|
d.
|
Menyimpan atau mengubur sampah
|
14.
Matahari adalah sumber daya alam yang bersifat::
a.
|
Renewable
|
c.
|
unrenewable
|
b.
|
nonrenewable
|
d.
|
Unlimited
|
15.
Berikut ini sumber daya alam energi kecuali:
a.
|
Batu bara
|
c.
|
batu
|
b.
|
Minyak bumi
|
d.
|
Ombak
|
16.
Pemanfaatan Sumber Daya Alam harus dilakukan secara:
a.
|
Efektif
|
c.
|
Efektif dan efesien
|
b.
|
maksimal
|
d.
|
Teknologi modern
|
17.
Taman Nasional Komodo berada di Propinsi:
a.
|
Nusa Tenggara Barat
|
c.
|
Kalimantan Barat
|
b.
|
Nusa Tenggara Timur
|
d.
|
Kalimantan Timur
|
18.
Kawasan yang terdiri atas ekosistem asli, unik dan telah mengalami
degradasi adalah:
a.
|
Cagar Alam
|
c.
|
Cagar biosfer
|
b.
|
Suaka Margasatwa
|
d.
|
Cagar Budaya
|
19.
Jenis penghargaan yang
diberikan kepada predikat kota terbersih
adalah :
a.
|
Adipura
|
c.
|
Adiwiyata
|
b.
|
Kalpataru
|
d.
|
Nobel
|
20.
Penghargaan Lingkungan yang diberikan kepada perorangan:
a.
|
Kalpataru
|
c.
|
Adipura
|
b.
|
Adiwiyata
|
d.
|
Nobel
|
21.
Berdasarkan sifat ketersediaannya, sinar matahari merupakan sumber daya
alam:
a.
|
Kenyamanan
|
c.
|
Terbarukan
|
b.
|
Kekal
|
d.
|
Tak Terbarukan
|
22.
Reuse adalah:
a.
|
Mengurangi limbah yang tidak perlu
|
c.
|
Mengolah sampah atau limbah
|
b.
|
Memakai kembali barang yang masih layak pakai
|
d.
|
Menyimpan atau mengubur sampah
|
23.
Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui:
a.
|
Perkebunan
|
c.
|
Alumunium
|
b.
|
Gelombang
|
d.
|
Hutan
|
24.
Sumber Daya alam batubara berfungsi untuk:
a.
|
Penghasil Gas
|
c.
|
Keindahan
|
b.
|
Bahan Bakar
|
d.
|
Obat-obatan
|
25.
Kedelai merupakan sumber daya alam biotik, penghasil....
a.
|
Protein nabati
|
c.
|
Lemak
|
b.
|
Protein Hewani
|
d.
|
Zat Besi
|
26.
Tempat tinggal mahluk hidup dalam melangsungkan proses kehidupannya
disebut:
a.
|
Ekosistem
|
c.
|
Individu
|
b.
|
Habitat
|
d.
|
Komunitas
|
27.
Penanganan pencemaran tanah secara langsung, disebut....
a.
|
Remidiasi
|
c.
|
Insitu
|
b.
|
Bio remediasi
|
d.
|
Exsitu
|
28.
Berikut ini pemanfaatan sumber daya alam berdasarkan keseimbangan....
a.
|
Mempertimbangkan keseimbangan
|
c.
|
Mempertimbangkan pemulihan
|
b.
|
Mempertimbangkan adanya reboisasi
|
d.
|
Mempertimbangan ketersediaan
|
29.
Sumber daya alam flora dan fauna termasuk sumber daya alam...
a.
|
Non hayati
|
c.
|
Hayati
|
b.
|
Kekal
|
d.
|
Penghasil Energi
|
30.
Berikut manfaat sumber daya hutan, Kecuali...
a.
|
Menyimpan air tanah
|
c.
|
Tempat hidup berbagai hewan
|
b.
|
Suplai Oksigen
|
d.
|
Penghasil batu bara
|
Essay:
1.
Sebutkan jenis-jenis pernghargaan terhadap upaya pelestarian lingkungan !
2.
Apa yang dimaksud dengan In-situ dan Ex-situ?
3.
Apa yang dimaksud dengan sumber daya alam Biotik (hayati) dan abiotik (non
Hayati)? Beri contoh masing-masing 3
4.
Apa yang dimaksud dengan Reduce, Reuse dan Recycle? Jelaskan !
5.
Sebutkan 3 bentuk rasa hormat terhadap alam!
PENDIDIKAN
LINGKUNGAN HIDUP KELAS 8
|
A.
Berilah
tanda silang pada salah satu huruf a, b, c atau d di depan jawaban yang paling
tepat !
1.
Gejala Demam Cikungunya adalah sebagai beriku, kecuali:
a.
|
Demam
|
c.
|
Nyeri pergelangan kaki dan tulang belakang
|
|
|
|
|
b.
|
Nyeri persendian
|
d.
|
Badan lemas dan panas
|
2.
Yang termasuk penyakit endemik:
a.
|
Kanker
|
c.
|
Malaria
|
b.
|
Tumor
|
d.
|
Hipertensi
|
3.
Okulasi adalah:
a.
|
Enten
|
c.
|
Cangkok
|
b.
|
Setek
|
d.
|
budding
|
4.
Ruang lingkup Sanitasi Lingkungan adalah:
a.
|
Lingkungan Bersih
|
c.
|
Lingkungan Berwawasan alam
|
b.
|
Lingkungan Higienis
|
d.
|
Lingkungan Meso
|
5.
Gejala-gejala penyakit malaria adalah:
a.
|
Tubuh menggigil
|
c.
|
Nyeri pada persendian
|
b.
|
Gatal serta panas
|
d.
|
Menurunnya jumlah trombosit
|
6.
Tiga Komponen yang menjadi penyebab penyakit endemik, kecuali:
a.
|
Host
|
c.
|
Environment
|
b.
|
Filarisis
|
d.
|
Agent
|
7.
Fungsi adanya taman/kebun sekolah adalah kecuali:
a.
|
Menambah keindahan sekolah
|
c.
|
Sumber balajar siswa
|
b.
|
Merindangkan halaman sekolah
|
d.
|
Menanggulangi pencemaran udara
|
8.
Cara meningkatkan produksi yang tidak mengubah keseimbangan alam adalah:
a.
|
Pemakaian bibit unggul
|
c.
|
Penggunaan pestisida
|
b.
|
Penggunaan herbisida
|
d.
|
Perluasan areal perladangan
|
9.
Perawatan yang tidak perlu dilakukan apabila kita menanam dalam pot adalah:
a.
|
Penyiraman
|
c.
|
Pemupukan
|
b.
|
pemanenan
|
d.
|
Pengendalian belalang
|
10. Yang tidak termasuk dalam 3 R adalah:
a.
|
Recycle
|
c.
|
Reuse
|
b.
|
restock
|
d.
|
reduce
|
11.
Brokhitis, pneumonia dan ISFA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas) adalah
penyakit-penyakit pernafasan yang disebaban oleh:
a.
|
Pencemaran tanah
|
c.
|
Pencemaran air
|
b.
|
Pencemaran udara
|
d.
|
Pemanasan global
|
12.
Bacillus antracis adalah bakteri penyebab penyakit :
a.
|
DBD
|
c.
|
Cikungunya
|
b.
|
TBC
|
d.
|
antraks
|
13.
Berikut ini yang bukan cara tepat penanggulangan sampah kemasan bekas air
mineral adalah:
a.
|
Dijual ke tukang rongsokan
|
c.
|
Di buang ke tempat sampah
|
b.
|
Dibuat mainan anak
|
d.
|
Dibakar
|
14.
Yang bukan akibat dari peningkatan jumlah penduduk adalah :
a.
|
Peningkatan kebutuhan pangan
|
c.
|
Urbanisasi
|
b.
|
Peningkatan angka kriminalitas
|
d.
|
Peningkatan Kesejahteraan
|
15.
Upaya peningkatan produktifitas hasil pertanian:
a.
|
Urbanisasi
|
c.
|
Pemanfaatan lahan kering
|
b.
|
reboisasi
|
d.
|
rehabilitasi
|
16.
Di bawah ini yang merupakan kerusakan lingkungan karena faktor manusia:
a.
|
Gempa , tsunami, gunung meletus
|
c.
|
Puting beliung, kemarau, erosi
|
b.
|
Banjir, longsor, air sungai hitam
|
d.
|
Hujan, gempa, badai
|
17.
Di bawah ini pernyataan yang tidak menunjukan katagori kota bersanitasi
baik:
a.
|
Tata ruang teratur
|
c.
|
Tidak memiliki TPSA
|
b.
|
Terdapat jalur hijau
|
d.
|
Tersedia petugas kebersihan
|
18.
Makro environment adalah:
a.
|
Lingkungan keluarga
|
c.
|
Lingkungan kerja
|
b.
|
Lingkungan Luas
|
d.
|
Lingkungan sekolah
|
‘
19.
Meso envirenmen adalah:
a.
|
Lingkungan keluarga
|
c.
|
Lingkungan kerja
|
b.
|
Lingkungan Luas
|
d.
|
Lingkungan sekolah
|
20. Ruang lingkup santiasi lingkungan adalah
kecuali:
a.
|
Meso environment
|
c.
|
Macro environment
|
b.
|
Micro environment
|
d.
|
Agent environment
|
21. Adalah suatu keadaan yang menyebabkan perasaan
indah bagi yang berada di tempat tersebut, merupakan definisi dari:
a.
|
Keindahan
|
c.
|
Kebersihan
|
b.
|
Kenyamanan
|
d.
|
Kerindangan
|
22. Penataan Lingkungan adalah:
a.
|
Serangkaian kegiatan untuk kenyamanan
|
c.
|
Serangkaian kegiatan untuk memperbaiki lingkungan
|
|
|
|
|
b.
|
Serangkaian kegiatan untuk keindahan
|
d.
|
Pengelolaan dan pendayagunaan sumber daya alam
|
23. ......... Adalah suatu pembibitan dengan cara
mengelupas kulit akar dari batang pohon yang masih tumbuh sampai berakar:
a.
|
Mengetem
|
c.
|
Mencangkok
|
b.
|
menempel
|
d.
|
Merunduk
|
24. Berikut ini tanaman yang tidak dapat
dibudidayakan dengan cara vegetatif:
a.
|
Jagung, Mangga, Rambutan
|
c.
|
Padi, singkong, pepaya
|
b.
|
Jagung, padi, Kacang Kedelai
|
d.
|
Kacang Kedelai, Anggur, Jambu
|
25. Membudidayakan tanaman tanpa tanah sebagai
media tanam disebut....:
a.
|
Hidrografi
|
c.
|
Hidrologi
|
b.
|
Hidroponik
|
d.
|
Hidrokopis
|
26. Fungsi Pagar hidup ketika Hujan Adalah:
a.
|
Sebagai penyaring polusi udara
|
c.
|
Mampu menahan air
|
b.
|
Membuat pekarangan banjir
|
d.
|
Membuat kotor lingkungan rumah
|
27. Berikut tempat menanam tanaman, kecuali.....
a.
|
Polybag
|
c.
|
Kardus bekas
|
b.
|
Kaleng bekas
|
d.
|
pot
|
28. Ruang lingkup santiasi lingkungan adalah
kecuali:
a.
|
Meso environment
|
c.
|
Macro environment
|
b.
|
Micro environment
|
d.
|
Agent environment
|
29. Di daerah perkotaan, Air, udara tanah sudah
banyak terkontaminasi, maksudnya:
a.
|
Tercemar
|
c.
|
Terlindungi
|
b.
|
terawasi
|
d.
|
Banyak pabrik
|
30. Tujuan pembinaan sekolah sehat adalah kecuali:
a.
|
Mewujudkan sekolah yang berwawasan wiyata madala
|
c.
|
Agar siswa gemar hidup sehat
|
b.
|
Sebagai sarana pembinaan sekolah sehat
|
d.
|
Mewujudkan keteladanan
|
Essai:
1.
Apa yang dimaksud dengan sanitasi lingkungan? Jelaskan!
2.
Jelaskan ruang lingkup sanitasi lingkungan!
3.
Jelaskan 5 contoh penyakit endemik di Indonesia dan penyebabnya !
4.
Jelaskan cara-cara mencangkok!
5.
Apa yang dimaksud dengan pembibitan vegetatif dan generatif? Jelaskan
No comments:
Post a Comment